• Pelatihan Cara Uji Klinik

  • Pelatihan Jurnal Internasional

  • Pengarahan dari Direktur pada saat Pelatihan Epidemiologi

  • Benchmarking Group Student D.III Kebidanan di Bangkok Pattaya 22 April - 02 Mei 2016

  • Interprofessional Collaboration on Global Challenge of Current and Future Infectious Diseases (IC-GCID) 2016

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Hj. Sumarny Mappeboki, Muhasidah, M.Natsir

 

ABSTRAK

              Rumah sakit sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan merupakan bagian dari sumber daya kesehatan yang sangat diperlukan dalam mendukung penyelenggaraan upaya kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya kepemimpinan kepala ruangan dengan tingkat kepuasan kerja perawat di ruang rawat inap Rumah sakit Bhayangkara Provinsi Sulawesi Selatan.

              Desain penelitian yang digunakan adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional study dimana subjek penelitian dan pengukuran status karakter atau variabel subjek diukur menurut keadaan atau statusnya secara simultan pada satu saat dalam suatu sampel populasi yang representatif atau memberi kesempatan pada peneliti untuk melakukan analisis dari variabel yang diteliti. Adapun penentuan sampel dilakukan dengan tehnik total sampling dengan besar sample sebanyak 37 responden. Uji hubungan dilakukan dengan menggunakan uji statistik Fisher Exact Test dengan tingkat kemaknaan α < 0,05.

              Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan antara gaya kepemimpinan kepala ruangan dengan tingkat kepuasan kerja perawat di Ruang rawat inap Rumah Sakit Bhayangkara Makassar dengan (p-value=0,000), hal ini menunjukan bahwa ada hubungan yang bermakna antara gaya kepemimpinan dengan tingkat kepuasan kerja di Ruang rawat inap Rumah Sakit Bhayangkara Makassar tahun 2014.

              Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antar gaya kepemimpinan kepala ruangan dengan kepuasan kerja perawat di Ruang rawat inap Rumah sakit Bhayangkara makassar. Untuk itu, maka diharapkan agar kepala ruangan memperhatikan gaya kepemimpinannya dengan baik yang nantinya akan meningkatkan kepuasan kerja perawat itu sendiri dalam pelaksanaan asuhan keperawatan.

Daftar Pustaka 25 (1995-2012)

Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan, kepuasan kerja, perawat