User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

H. Abdur Rivai*, Zaenab**, dan Nur Atiah***

 *), **), ***) Jurusan Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan Makassar
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

ABSTRAK

 

Infeksi kecacingan merupakan penyakit yang berbasis lingkungan, salah satunya adalah penyakit cacing usus yang ditularkan melalui tanah, Penyakit kecacingan pada anak dapat menurunkan status gizi, sehingga anak rentan terhadap infeksi yang lain.

Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hygiene perorangan dengan kejadian infeksi kecacingan pada anak– anak di Kelurahan Banta – bantaeng Kota Makassar.

Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Survey dengan menggunakan pendekatan cross sectional, dimana variabel bebas dan terikat dilihat secara bersamaan dengan sampel sebanyak 48 anak.

Hasil penelitian hygiene perorangan yaitu: Mencuci tangan dengan sabun sebelum makan  yang memenuhi syarat sebanyak 20 anak (41,7%) dan tidak memenuhi syarat sebanyak 28 anak (58,3%). Memotong kuku yang memenuhi syarat sebanyak 21 anak (43,75%) dan tidak memenuhi syarat sebanyak 27 anak (56,25%). Memakai alas kaki memenuhi syarat 16 anak (33,3%) dan yang tidak memenuhi syarat sebanyak 32 anak (66,7%). Bermain tanah memenuhi syarat sebanyak 22 anak (45,8%) dan yang tidak memenuhi syarat sebanyak 26 anak (54,2%) dan yang terinfeksi kecacingan, positif 42 dan negative 6 anak.

Perlu adanya kerjasama antara petugas kesehatan setempat untuk melakukan penyuluhan dan bimbngan kepada orang tua dalam melakukan pemeriksaan kecacingan pada anak – anak dan mengenai sanitasi lingkungan, serta pemberian obat cacing secara teratur bagi anak - anak.