User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Hidayat*, Abdul Ganing**, dan Andi Alim***

 

*Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Makassar
**Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Mamuju
***
Fakultas Kesehatan Masyarakat UVRI Makassar

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

ABSTRAK

           

                 Terjadinya peristiwa keracunan dan penularan penyakit akut yang sering membawa kematian banyak bersumber dari makanan yang berasal dari tempat pengolahan makanan (TPM) khususnya jasa boga, rumah makan dan makanan jajanan yang pengolahannya tidak memenuhi syarat kesehatan atau sanitasi lingkungan dan ikut mempengaruhi daya tahan makanan tersebut sehingga upaya pengawasan terhadap sanitasi makanan amat penting untuk menjaga kesehatan konsumen atau masyarakat.

              Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan observasional, dengan tujuan untuk mengetahui sanitasi makanan pada masakan pa’piong ayam di rumah makan Solata Kabupaten Tana Toraja Tahun 2014 yang dilaksanakan sejak tanggal 23 Mei 2014 sampai dengan tanggal 17 Juli 2014 dengan variabel penelitian adalah proses pengolahan, penyimpanan bahan makanan dan makanan jadi serta penyajian makanan.

             Pengambilan sampel secara Total Sampling dengan jumlah populasi sebanyak 14 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan Proses pengolahan makanan pada masakan pa’piong ayam di rumah makan Solata Kabupaten Tana Toraja yang memenuhi syarat sebesar 57,1 % sementara yang tidak memenuhi syarat sebesar 42,9 %. Penyimpanan bahan makanan dan makanan jadi pada masakan pa’piong ayam di rumah makan Solata 92,9 % telah memenuhi syarat dan 7,1 % dengan kriteria tidak memenuhi syarat dan penyajian masakan pa’piong ayam di rumah makan Solata Kabupaten Tana Toraja 100,0 % telah memenuhi syarat.

               Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka perlu pembenahan pada tempat pengolahan bahan makanan agar proses pengolahan/ pembuatan makanan dapat lebih terjamin kebersihannya serta pemberian tambahan informasi dan pengetahuan kepada para pekerja tentang syarat sanitasi dan higiene rumah makan