User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Andi Yusuf*, Andi Ruhban**, dan Eljeri Pali Tondok***

*) & ***) Bagian Kesehatan Lingkungan Sekolah Tinggi Kesehatan Tamalatea
**) Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Makassar

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

ABSTRAK

           Pencemaran laut pesisir khususnya keberadaan logam berat umumnya terjadi karena adanya pemusatan penduduk, pariwisata dan industrialisasi di daerah pesisir. Terkontaminasinya makanan laut dengan berbagai jenis logam berat dan berbahaya tentu akan mempengaruhi kesehatan manusia. Di sepanjang pesisir pantai laut dangkal bagian barat Sulawesi selatan khususnya pantai Mallusetasi, Pantai Tanjung Butung, dan Pantai Losari merupakan Pantai yang cukup terkenal akan potensi pemanfaatan Bioata laut namun, juga merupakan tempat pembuangan air limbah dari buangan limbah. Aktifitas tersebut tentunya dapat menimbulkan dampak negatif berupa pencemaran lingkungan khususnya bagi kesehatan manusia dan kehidupan  biota laut.

            Tujuan penelitian ini unutk mengetahui konsentrasi logam berat di sepanjnag pesisir pantai laut dangkal bagian barat sulawesi selatan berdasarkan parameter Chromium (Cr) dan Cadmium (cd). Jenis Penelitian yang di gunakan adalah observasional dengan rancangan deskritif yang ditunjang dengan pemeriksaan laboratorium guna mendapatkan gambaran tentang kandungan logam berat kromium (Cr) dan kadmium (Cd) pada kerang Marcia hiantina di sepanjang pesisir pantai laut dangkal bagian barat sulawesi selatan.

            Populasi dalam penelitian ini adalah kerang Marcia hiantina yang berada di sepanjang pesisir pantai laut dangkal bagian barat sulawesi selatan. Sedangkan sampelnya yaitu kerang Marcia hiantina yang diambil dari 3 stasiun yakni Pantai Mallusetasi, Pantai Tanjung Butung dan Pantai Losari Makassar.

            Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa konsentrasi logam berat kromium (Cr) berkisar antara 2,541 mg/kg hingga 5,859 mg/kg berat kering dengan konsentrasi rata – rata 4,6813 mg/kg berat kering dan kadmium (Cd) berkisar antara 0,108 mg/kg hingga 0,790 mg/kg berat kering dengan konsentrasi rata – rata 0,344 mg/kg berat kering. Dapat diketahui untuk parameter logam berat Cr dan Cd untuk semua stasiun, sudah melewati standar konsentrasi yang diperbolehkan oleh Keputusan Negara Lingkungan Hidup No : 51 Tentang Baku Mutu Air Laut dalam satuan mg/kg. Hal ini menunjukkan perairan di sekitar kawasan yang di teliti sudah tercemar logam berat, untuk itu perlu upaya penanganan sehingga hal ini dapat diminimalisir.

 

Kata Kunci        : Logam Berat Khromium (Cr) dan Kadmium (Cd)