User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

 H. Ronny* dan Muh. Imran**

 *) **)Jurusan Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan Makassar

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

ABSTRAK

 

Dampak negatif dapat timbul akibat penggunaan insektisida sintetis, salah satu upaya memperkecil dampak tersebut maka dikembangkan cara lain dalam pengendalian serangga yaitu pemanfaatan tanaman yang mengandung zat pestisidik sebagai pengendalian hayati yaitu dengan menggunakan daun tembakau.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan dari ekstrak daun tembakau (Nicotiana tobacum) terhadap daya kerentanan lalat rumah (musca domestica).

Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat eksperimental dan bertujuanuntuk mengetahui kemampuan dari ekstrak daun tembakau (Nicotiana Tobaccum) terhadap daya kerentanan lalat rumah (Musca Domestica).

            Hasil pengamatan pada masing-masing konsentrasi dengan 3 kali ulangan menunjukkan hasil yang berbeda-beda. LC50 ekstrak daun tembakau pada konsentrasi 135gr/l,145gr/l,dan 155gr/l dalam waktu 4 jam, peresentase kematian lalat rumah (Musca Domestica) pada konsentrasi 135 gr/l sebanyak 63%, 145 gr/l sebanyak 80% dan pada konsentrasi 155 gr/l sebanyak 91,66%. Dari hasil tersebut terbukti bahwa semakin tinggi konsentrasi yang di gunakan, daya bunuh nya terhadap lalat uji juga semakin besar.

            Dari hasil penelitian tersebut di sarankan agar dapat menjadi suatu alternatif pengendalian vektor penyakit khususnya lalat rumah (Musca Domestica) yang dapat di manfaatkan sebagai insektisida nabati karena aman bagi lingkungan dan manusia karena residu dari ekstrak daun tembakau cepat hilang.

Kata kunci : Daun Tembakau,Lalat Rumah,Insektisida Nabati