User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh besarnya peranan protein pada kehidupan manusia dan sampai saat ini belum diketahui tentang kadar protein pada kecap olahan rumah tangga asal Sulawesi Selatan. Tujuan penelitian ini untuk menentukan kadar protein pada kecap kedelai olahan rumah tangga asal Sulawesi Selatan.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu observasi yang bersifat  deskriptif dengan teknik analisis kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Hasil analisa didapatkan bahwa kadar protein sampel A 1,7 %, sampel B 1,3 %, sampel C 1,7 %, dan sampel D 2,5 %. Jadi dapat di tarik Kesimpulan bahwa hasil pemeriksaan kadar protein kecap kedelai olahan rumah tangga asal Sulawesi Selatan, sampel A, B dan C tidak memenuhi Standar Nasional Indonesia, sedangkan sampel D memenuhi Standar Nasional Indonesia yaitu 2,5 %.

Dari hasil kesimpulan disarankan kepada masyarkat agar memperhatikan nilai gizi yang terdapat dalam makanan terutama kandungan proteinnya. Kecap merupakan bahan makanan alternatif yang mengandung protein.

Kata Kunci : Kadar Protein, Kecap Kedelai Olahan Rumah Tangga Asal Sulawesi Selatan