User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Hidayati, Wirawati Amin, Subriah

Jurusan Kebidanan Poltekkes Makassar

 

ABSTRAK

Skill Laboratorium merupakan keterampilan medik yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kompetensi klinik yang menawarkan metode belajar keterampilan medis yang sistematis mulai dari yang sederhana ke arah yang lebih kompeten dan makin terintegrasi pada akhir – akhir tahun pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan metode pembelajaran simulasi di laboratorium dengan keterampilan pemasangan IUD pada mahasiswa kebidanan di stikes RSUD Daya Makassar.Penelitian ini adalah penelitian ini adalah salah satu bentuk penelitian dari pre-eksperimental yaitu one grup pretest-prottest design. Sampel yang diambil adalah sebnayk 38 orang. Penelitian ini dilakukan dari januari sampai bulan mei 2016. Penelitian ini dilakukan dengan teknik ceklis dengan berpanduan pada daftar tilik. Hasil menunjukkan bahwa Output pada tabel test Statistics, diperoleh nilai p = 0,000 nilai ini lebih kecil dari 0,05 maka HO ditolak. Maka kesimpulannya yaitu Ha : Ada hubungan Pengunaan metode pembelajaran simulasi dapat meningkatkan keterampilan pemasangan IUD pada Mahasiswa Kebidanan Tingkat II STIKES RSUD Daya Makassar. Kesimpulannya yaitu dengan penerapan metode simulasi efektif dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa kebidana tingkat pada pemasangan IUD di STIKes RSU Daya Makassar. Saran peneliti yaitu Penerapan metode simulasi untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa pada pemasangan IUD di STIKes RSU Daya Makassar membutuhkan alat, bahan dan tempat yang strategis serta cukup sehingga institusi juga sangat berperan dalam menyiapkan perlengkapan alat guna diharapkan mahasiswa dapat termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran.

Kata Kunci : Metode Pembelajaran Simulasi,Keterampilan