Martini Bennu, St. Aminah, Nuhaedah.

 Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Kemenkes RI  Makssar

 

ABSTRAK

 

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah gambaran pengetahuan Ibu tentang pencegahan penyakit Ispa di wilayah kerja puskesmas Bontomarannu.Tujuannya adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu dalam pecegahan penyakit Ispa di wilayah kerja puskesmas Bontomarannu Kel.Pakatto  Kec. Bontomarannu kab.Gowa.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif.Jumlah populasi adalah semua ibu yang memiliki anak umur 14Tahun yang ada di Kel.Pakatto Kec. Bontomarannu.sebanyak 50 orang. Sampel yang diambil berjumlah 50 orang, yang diperoleh dengan menggunakan tekhnik Total sampling. Instrumen yang digunakan adalah Lembar Kuesioner dengan jumlah pertanyaan 20 nomor.Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan membagikan lembar kuesioner untuk menilai pengetahuan ibu tentang penyakit ISPA dan pencegahan penyakit ISPA.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden yang memiliki pengetahuan kurang tentang  penyakit ISPA  sebanyak 12% responden, pengetahuan cukup sebanyak  50% responden, pengetahuan baik hanya 38% responden. Sedangkan responden yang memiliki Pengetahuan kurang tentang pencegahan penyakit ISPA  sebanyak 9(18%) responden, Pengetahuan cukup sebanyak 20(40%) responden,dan pengetahuan baik sebanyak 21(42%) responden.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengetahuan ibu tentang pencegahan penyakit ISPA sudah cukup baik  ,namun masih ada beberapa responden yang pengetahuannya masih kurang. Dan disarankan kepada petugas kesehatan  untuk lebih giat melakukan penyuluhan/sosialisasi tentang apa itu penyakit ISPA.