Mardiana Mustafa

 

ABSTRAK

Latar Belakang : ASI merupakan prioritas karena dampaknya yang luas terhadap status gizi dan kesehatan balita. Namun saat ini banyak ibu yang mempunyai dilema untuk menyusui atau memberi PASI (Pengganti Air Susu Ibu) saja pada bayinya dengan berbagai alasan.

Tujuan : Untuk mengetahui hubungan antara sosial budaya dan partisipasi dalam kelas ibu hamil dengan pemberian ASI eksklusif pada bayi usia 0 – 6 bulan di Puskesmas Paccing Kabupaten Bone tahun 2012.

Metode : Rancangan penelitian menggunakan deskriptif analitik menggunakan desain Crossectional Study, sebanyak 54 partsipasi ibu menyusui. Data diperoleh menggunakan lembar kuisioner dengan skala Guttman.

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara sosial budaya dengan pemberian ASI eksklusif pada bayi usia 0 – 6 bulan di Puskesmas Paccing Kabupaten Bone dengan nilai ρ = 0,041 dan OR = 18,400. ada hubungan antara partisipasi dalam kelas ibu hamil dengan pemberian ASI eksklusif pada bayi usia 0 – 6 bulan di Puskesmas Paccing Kabupaten Bone dengan nilai ρ = 0,000 dan OR = 115,000.

Kata Kunci            :  ASI Eksklusif, Sosial Budaya, Kehamilan, Kelas Ibu Hamil, Bayi, Partisipasi