User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Maryati Tombokan, Saddiah Abu, Indirawaty

Jurusan Keperawatan

 

ABSTRAK

Pendidikan kesehatan merupakan proses perubahan perilaku secara terencana pada diri individu, kelompok, atau masyarakat untuk dapat lebih mandiri dalam mencapai tujuan hidup sehat. Dalam keperawatan, pendidikan kesehatan merupakan satu bentuk intervensi keperawatan yang mandiri untuk membantu klien baik individu, keluarga, kelompok, maupun masyarakat dalam mengatasi masalah kesehatannya melalui kegiatan pembelajaran, yang didalamnya perawat berperan sebagai perawat pendidik.

Penelitian ini adalah jenis penelitian pra-eksprimen dengan one-group pre-test post-test desiagn. Ciri dari penelitian ini adalah mengungkapkan hubungan sebab akibat dengan cara melibatkan satu kelompok  subjek. Kelompok  subjek diobservasi sebelum dilakukan intervensi kemudian diobservasi lagi setelah dilakukan intervensi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh penyuluhan kesehatan terhadap peningkatan pengetahuan keluarga dalam merawat pasien jiwa pasca pemulangan di wilayah kerja Puskesmas Mangasa Kota Makassar setelah dilakukan penyuluhan kesehatan.

Populasi dalam penelitian ini adalah semua keluarga yang memiliki anggota keluarga dengan masalah gangguan jiwa yang ada di  wilayah kerja Puskesmas Mangasa Kota Makassar. Tekhnik pengambilan sampel yaitu dengan cara total sampling di mana pengumpulan datanya menggunakan kuesioner. Analisis dengan menggunakan Uji T berpasangan dalam menentukan uji statistik dengan batas kritis α = 0,05.

Hasil penelitianmenunjukkan bahwa ada peningkatan pengetahuan keluarga tentang perawatan pasien jiwa pasca pemulangan yaitu sebelum diberikan pendidikan kesehatan diperoleh mean =  70.78 dan std.deviasi = 18.76, sedangkan setelah diberikan pendidikan kesehatan diperoleh mean = 76.28 dan std.deviasi = 13.24 dan selisi mean pre test dan post test adalah 5.49, sedangkan jika dilihat berdasarkan p value = 0.073 dengan nilai signifikasi 0.05 maka p value > signifikasi (0.073 > 0.05) artinya tidak ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap peningkatan pengetahuan keluarga dalam merawat pasien jiwa pasca pemulangan.

Dari hasil penelitian tersebut di atas, maka rekomendasi yang dapat deberikan adalah agar pihak keluarga serta tenaga kesehatan memberikan dukungan terhadap pasien jiwa termasuk dalam aktivitas sehari-hari serta mendorong agar pasien dapat bersosialisasi dengan lingkungan tempat tinggalnya.

Kata Kunci :Penyuluhan kesehatan, pengetahuan, dan pasien jiwa