User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Hamsiah Hamzah, Hasriany, Yusnita

 

ABSTRAK

 

    Keluarga adalah perkumpulan dua atau lebih individu yang diikat oleh hubungan darah, perkawinan atau adopsi, dan tiap-tiap anggota keluarga berinteraksi satu sama lain. Keluarga merupakan unit pelayanan kesehatan yang terdepan dalam meningkatkan derajat kesehatan komunitas . Depresi adalah suatu perasaan sedih dan pesimis yang berhubungan dengan suatu penderitaan. Dan dapat berupa serangan yang ditujukan pada diri sendiri atau perasaan marah yang dalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Dukungan Keluarga dengan Tingkat Depresi Pada Lansia .

Metode pada penelitian ini adalahSurvei analitikdengan pendekatancross sectional studi. Populasi adalah semua Kepala keluarga yang mempunyai lansia  depresidan tinggal bersamanyadi wilayah kerja Puskesmas Batua Kelurahan Batua Kecamatan ManggalaPanakkukang  Kota Makassar  yaitu sebanyak 80 KK pada Tahun 2014.   Sampel penelitian berjumlah 67 responden dengan teknik Purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Maret 2014 melalui penyebaran instrumen berupa kuesioner berisi pertanyaan tentang data demografi, dukungan keluarga dan tingkat depresi lansia.

Hasil penelitian ini dengan Uji Chi Square  untuk menguji hubungan dua variabel ini menghasilkan nilai (p=0,004 lebih kecil dari nilai α=0,05) maka H0 ditolak Ha diterima. Artinya ada hubungan dukungan keluarga dengan tingkat depresi pada lansia.

Kata kunci : Keluarga, Lansia, Depresi