User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Alfi Syahar Yakub

 

ABSTRAK

Diabetes melitus merupakan sekelompok kelainan heterogen yang ditandai dengan kenaikan kadar gula dalam darah. Motivasi pada penderita diabetes (diabetisi) sangat penting, dikarenakan penderita akan menjadi diabetisi seumur hidupnya. Oleh karena itu, dalam proses pengobatan penderita diabetes harus mempunyai dorongan atau motivasi untuk dapat melaksanakan proses pengobatannya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lama menderita diabetes melitus dengan motivasi berobat pada klien diabetes melitus di wilayah kerja Puskesmas Mangasa Kota Makassar.

Desain  penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan crocs sectional. Pada penelitian ini dilakukan identifikasi hubungan lama menderita diabetes melitus dengan motivasi berobat pada klien diabetes melitus di wilayah kerja Puskesmas Mangasa Kota Makassar. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2013, dengan jumlah sampel 37 responden. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden telah lama menderita diabetes melitus yaitu ≥ 2 tahun sebanyak 23 responden, sebagian kecil responden baru menderita diabetes melitus yaitu < 2 tahun sebanyak 14 responden, sedangkan jumlah responden yang memiliki motivasi rendah terdapat 20 responden dan selebihnya adalah responden yang memiliki motivasi yang tinggi sebanyak 17 responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan antara hubungan lama menderita diabetes melitus dengan motivasi berobat pada klien diabetes melitus (p=0,002).

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara lama menderita diabetes melitus dengan motivasi berobat.

 Kata Kunci          : Diabetes Melitus, Lama Menderita, Motivasi Berobat,