User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Hj. Rosita Genggeng, Iwan, Edi Hasan

 

ABSTRAK

 

               Keadaan pasien yang cemas akan mempengaruhi kebutuhan tidur dan istirahat. Tidur merupakan kebutuhan yang sangat penting pada pasien pre operasi yang mengalami kecemasan. Bila irama ini terganggu seperti : gangguan pola tidur pada pasien pre operasi dapat mempengaruhi proses biokimia dan proses biofisika yang dapat menyebabkan penyimpangan norma kehidupan. penelitian ini untuk mengetahui hubungan   tingkat kecemasan pada pasien pre operasi dengan gangguan pola tidur di ruang perawatan bedah RSUD Labuang Baji Makassar.

Motode pengambilan data dilakukan dengan observasi atau wawancara terstruktur menggunakan kuesioner dan uji hubungan menggunakan uji chi-square   penelitian dilaksanakan dari minggu ke 3 bulan maret sampai minggu ke 1 bulan april 2013 dengan pendekatan cross sectional dengan pengambilan sampel secara accidental sampling yang berjumlah 35 responden.

Berdasarkan hasil uji chi- square diperoleh nilai  p= 0,001 pada taraf signifikan a: 0,05. Data ini menunjukan bahwa hubungan tersebut signifikan antara skor kecemasan dengan pola tidur. Dimana semakin tinggi tingkat kecemasan maka akan semakin terganggu pola tidurnya.

Ada hubungan yang signifikan antara tingkat kecemasan pada pasien pre operasi dengan gangguan pola tidur diruang perawatan bedah RSUD Labuang Baji Makassar. Perawat perlu melakukan komunikasi terapeutik secara maksimal agar pasien pre operasi merasa tenang dengan memberikan pengertian dan motivai bahwa tindakan yang diprogramkan merupakan pemecahan yang terbaik untuk mengatasi masalahnya.

Kata kunci : Kecemasan, Pola Tidur