User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Hj. Hartati  , Hj.Ningsih Jaya , Saddia Abu

Jurusan Keperawatan Makassar

 

A B S T R A K

 

Makanan sehat adalah makanan yang mengandung Zat-zat gizi yang berfungsi bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh, Pada umumnya anak-anak belum biasa memilih jajanan yang sehat sehingga sebagai orang tua harus memperhatikan bahan-bahan digunakan dalam produk.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang dilaksanakan Di SDN 31 Binangapolo Kel. Lokkasaile Kec. Pangkajene Kab. Pangkep di mulai pada tanggal 25 Mei – 5 juni 2015 dengan jumlah sampel sebanyak 34 orang dan menggunakan teknik pengambilan sampel secara Total Sampling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengetahuan siswa/siswi tentang bahaya mengkonsumsi makanan jajanan dipinggir jalan Di SDN 31 Binangapolo Kel. Lokkasaile Kec. Pangkajene Kab. Pangkep sebagian besar responden berada dalam kategori baik (94 %) dan yang berada dalam kategori pengetahuan kurang (6 %).

Sebagian besar responden Di SDN 31 Binangapolo Kel. Lokkasaile Kec. Pangkajene Kab. Pangkep (94%) dalam kategori pengetahuan baik. untuk itu keadaan ini perlu dipertahankan dan ditingkatkan misalnya, dengan memberikan materi pelajaran tentang bagaimana memilih makanan jajanan yang sehat antara lain dengan cara pembuatan poster dan ditempel di kelas.

Kata kunci                         :  Pengetahuan, Siswa/Siswi, makanan jajanan dipinggir jalan.