User Rating: 4 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Inactive
 

Sukma Saini, Junaidi, Andriani

Jurusan Keperawatan Makassar

ABSTRAK

Hipertensi adalah suatu gangguan pada pembuluh darah yang mengakibatkan suplai oksigen dan nutrisi, yang dibawa oleh darah terhambat sampai ke jaringan tubuh yang membutuhkan (Bustan, 2000). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara pengetahuan, sikap, dan dukungan keluarga terhadap kepatuhan diet pada pasien hipertensi. Penelitian ini menggunakan metode analitik yang mengambil sampel sebanyak 30 orang dengan tehnik accidental sampling. Selanjutnya data di olah menggunakan program uji spp 16,0 dengan uji chi-square dan fisher exact test.

Hasil penelitian ini menghasilkan bahwa pasien yang berpengetahuan baik (63,3%) dan kurang (36,7%). Sikap yang baik (60%) kurang (40%). Dukungan keluarga yang mendukung (93,3%) dan yang tidak mendukung (6,7). Kepatuhan diet yang patuh (56,7%) tidak patuh (43,3%) terhadap kepatuhan diet hipertensi. Sehingga di dapatkan adanya hubungan antara pengetahuan dengan kepatuhan diet, sikap dengan kepatuhan diet, dan tidak ada hubungan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan diet.

Bagi peneliti selanjutnya di harapkan bisa di jadikan masukan untuk menambah pengetahuan baru dan bisa di jadikan perbandingan untuk penelitian yang di lakukan.

Kata kunci : pengetahun, sikap, dukungan keluarga, diet