YOSEPHIN SARI PAIRUNAN

 

ABSTRAK

 

Kontrasepsi Implan adalah metode kontrasepsi yang diisersikan pada bagian subdemal, yang hanya mengandung progestin dengan masa kerja panjang, dosis rendah, dan reversible untuk wanita dan mengatur kehamilan agar tidak terlalu dekat dan Kontrasepsi Implan adalah suatu alat kontrasepsi yang berjangka waktu 1 – 5 tahun yang terdiri dari 1 – 6 kapsul batang susuk lembut terbuat dari sejenis karet elastis yang mengandung hormone.

Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya gambaran pengetahuan ibu tentang alat kontrasepsi implan. Desain dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi dalam penelitian adalah semua ibu yang memakai alat kontrasepsi implan di puskesmas galesong kecamatan galesong kabupaten takalar. Sampel yang diambil sebanyak 37 responden, diambil pada tanggal 23 Mei27 Juni 2014. Data penelitian ini diambil dengan menggunakan kuesioner.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 37 responden yang mempunyai pengetahuan baik tentang alat kontrasepsi implan yaitu sebanyak 25 responden (67,7%) dan 9 responden (24,3%) dikategorikan memiliki pengetahuan cukup sedangkan 3 responden (8,1%) dikategorikan memiliki pengetahuan kurang tentang alat kontrasepsi implan. Dari hasil tersebut menggambarkan bahwa sebagian besar responden memiliki pengetahuan yang cukup tentang pemakaian alat kontrasepsi implan.

Disarankan bagi ibu agar dapat lebih meningkatkan pengetahuannya terhadap pemakaian alat kontrasepsi implan dan mengetahui pengertian,tujuan,efek samping maupun indikasi dan kontraindikasi.

Kata Kunci : Pengetahuan Ibu, Kontrasepsi Implan