User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Abd . Hady  J.*

* Jurusan Keperawatan Poltekkes Makassar

 

Abstrak

 

Latar belakang, pertambahan jumlah lansia di Indonesia dalam kurun waktu tahun 1990 – 2025, tergolong tercepat di dunia. Berbagai upaya dilaksanakan untuk mewujudkan masa tua yang sehat, bahagia, berdaya guna dan produktif untuk usia lanjut Posyandu atau pos pelayanan terpadu merupakan program Puskesmas melalui kegiatan peran serta masyarakat. Program posyandu lansia yang berjalan dengan baik akan memberi kemudahan bagi lansia dalam mendapatkan pelayanan kesehatan dasar dan rujukan, dan pelayanan yang bersifat promotif dan preventif tanpa mengabaikan aspek pengobatan dan pemulihan, sehingga kualitas hidup masyarakat di usia lanjut tetap terjaga dengan baik dan optimal. Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh pengetahuan, sikap dan dukungan keluarga dengan pemanfaatan posyandu lansia diwilayah kerja puskesmas Aeng Towa Kabupaten Takalar.

Metode, penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang dipilih 60 responden yang merupakan lansia yang terdaftar pada buku registrasi posyandu. Data diambil dengan menggunakan kuesioner. Setelah ditabulasi, data yang ada dianalisa dengan uji Chi-square dengan tingkat kemaknaan (α) 0,05.

Hasil, hasil uji Chi-square memperlihatkan nilai alpha (α) berturut-turut untuk pengetahuan, sikap dan dukungan sebagai berikut  p=0,01, p=0,01, p=0,00.

Kesimpulan, penelitian ini menyimpulkan ada hubungan antara pengetahuan lansia tentang posyandu lansia, sikap lansia terhadap pemanfaatan posyandu lansia, dukungan keluarga dalam kegiatan posyandu pemanfaatan posyandu lansia.

Saran, memperhatikan hasil penelitian ini perlu dilakukan  strategi dalam meningkatkan mutu pelayanan posyandu lansia sehingga lansia juga keluarga dapat berperan lebih aktif.

Kata kunci : Posyandu Lansia, Pengetahuan, Sikap, Dukungan keluarga