User Rating: 4 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Inactive
 

Mamma*, Hasbullah Iskandar**, Abidin Syam*

* Dinkes Kabupaten Bone

** Dinkes Propinsi Sulawesi Selatan

 

Abstrak

 

Kepuasan pelanggan merupakan perbedaan antar harapan dan hasil kerja yang diterimanya. Apabila harapan tinggi, sementara hasil kerja biasa-biasa saja, kepuasan tidak akan tercapai dan kemungkinan pelanggan kecewa. Sebaliknya bila hasil kerja melebihi harapan, kepuasan akan meningkat. Tujuan Penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi mendalam tentang tingkat kepuasan pasien Askes terhadap pelayanan kesehatan pada ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Tenriawaru Watampone Tahun 2007. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif untuk menggali informasi secara mendalam mengenai tingkat kepuasan pasien Askes Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tanggap petugas dalam pelayanan kesehatan pada dasarnya cukup tanggap, dan jaminan yang diberikan tidak diragukan lagi, serta perlengkapan dan fasilitas rumah sakit cukup memadai, begitu pula dengan empati dan keandalan petugas yang professional sehingga pasien Askes dapat merasa cukup puas dengan pelayanan kesehatan yang diberikan, namun masih ada sebagian pasien merasa peralatan medis yang digunakan masih kurang lengkap. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bahwa diharapkan   daya tanggap petugas dalam pelayanan kesehatan, agar lebih  diperhatikan. agar dapat meningkatkan kepuasan pasien.

Kata kunci : Kepuasan, ausransi kesehatan, pelayanan kesehatan.

Unduh Artikel Lengkap