ABSTRAK


Sebagai sebuah lembaga publik maka RS senantiasa dituntut untuk memberikan
pelayanan terbaik pada pelanggannya (pasien). Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien peserta BPJS di unit rawat inap bedah
RSUD Labuang Baji Makassar. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif.
Pengambilan sampel dilakukan dengan Accidental Sampling yaitu cara pengambilan
sampel yang dilakukan dengan kebetulan bertemu sebanyak 40 orang. Hasil penelitian
ini menunjukkan Penilaian responden atas variabel tangible (penampilan fisik) kaitannya
dengan kepuasan pasien peserta BPJS tergolong baik. Penilaian responden atas
variabel reliability (keandalan) kaitannya dengan kepuasan pasien peserta BPJS
tergolong baik. Penilaian responden atas variabel responsiveness (daya tanggap)
kaitannya dengan kepuasan pasien peserta BPJS tergolong baik. Penilaian responden
atas variabel empathy (empati) kaitannya dengan kepuasan pasien peserta BPJS
tergolong baik. Penilaian responden atas variabel assurance (jaminan) kaitannya dengan
kepuasan pasien peserta BPJS tergolong baik.
Kata kunci : Kepuasan pasien, BPJS