User Rating: 1 / 5

Star ActiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Abstrak
Kepuasan pasien dapat diukur dari pelayanan kesehatan yang memuaskan dengan
waktu pemeriksaan yang relatif pendek, khususnya di Puskesmas mengingat bahwa
Puskesmas itu merupakan pusat pelayanan kesehatan tingkat dasar bagi masyarakat.
Tujuan penelitian adalah memperoleh informasi mendalam mengenai kedisiplinan waktu
pelayanan pada pasien berdasarkan pelayanan administrasi, pemeriksaan dokter, serta
pelayanan obat, di Puskesmas Barebbo Kec. Barebbo.
Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang dimaksudkan untuk menggali
informasi secara mendalam mengenai kedisiplinan waktu pelayanan pasien rawat jalan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa umumnya pasien dan keluarganya merasa bahwa
petugas di bagian pelayanan administrasi tidak disiplin karena seringnya petugas di
bagian administrasi datang terlambat dari jam kerja yang telah ditentukan. Umumnya
pasien dan keluarganya merasa dokter dan perawat di bagian pemeriksaan pasien tidak
disiplin karena seringnya dokter datang terlambat dan kadang dokter tidak berada di
tempat pada saat jam pelayanan pasien. Pasien dan keluarga umumnya merasa bahwa
petugas di bagian pelayanan obat tidak disiplin karena seringnya petugas di bagian
pelayanan obat datang terlambat dan pasien lebih awal datang dari petugas di bagian
pelayanan obat serta pada saat pelayanan petugas masih kurang terampil dalam
melayani pasien.Pasien dan keluarga umumnya merasa petugas mulai dari pelayanan
administrasi,pemeriksaan dokter sampai pada pelayanan obat tidak disiplin karena
seringnya ruang pelayanan di Puskesmas terlambat buka sementara sudah banyak
pasien yang datang.
Sesuai dengan hasil penelitian disarankan untuk meningkatkan kedisiplinan dan
keterampilan petugas utamanya dalam pelayanan kepada pasien (masyarakat).