User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

ABSTRAK

      Motivasi belajar adalah dorongan yang menjadi penggerak (energizer) dalam diri seseorang untuk belajar demi mencapai suatu tujuan yakni mencapai prestasi atau hasil belajar sebaik mungkin. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi motivasi belajar yaitu faktor endogen dan faktor eksogen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat, dukungan orang tua, dan metode pembelajaran terhadap motivasi belajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif korelasional dengan desain cross sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis hasil menggunakan uji Somers d dengan α=0,05 serta menggunakan interpretasi koefisien korelasi D.A De Vaus untuk melihat kekuatan pengaruh dari setiap variabel endogen terhadap variabel eksogen. Hasil analisis menunjukan minat berpengaruh sangat kuat terhadap motivasi belajar (D=0,791) dengan ρ=0,000, dukungan orang tua berpengaruh moderat terhadap motivasi belajar (D=0,310) dengan ρ=0,024, serta metode pembelajaran juga berpengaruh moderat terhadap motivasi belajar (D=0,380) dengan ρ=0,001. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa minat memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap motivasi belajar sedangkan dukungan orang tua dan metode pembelajaran memiliki pengaruh moderat terhadap motivasi belajar.

Kata Kunci : Motivasi belajar, Minat, Dukungan Orang Tua, Metode Pembelajaran

Download