User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Setiap kegiatan penelitian sejak awal sudah harus ditentukan dengan jelas pendekatan/desain penelitian apa yang akan diterapkan, hal ini dimaksudkan agar penelitian tersebut dapat benar-benar mempunyai landasan kokoh dilihat dari sudut metodologi penelitian, disamping pemahaman hasil penelitian yang akan lebih proporsional apabila pembaca mengetahui pendekatan yang diterapkan.

Secara umum pendekatan penelitian atau sering juga disebut paradigma penelitian yang cukup dominan adalah paradigma penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Dari segi peristilahan para ahli nampak menggunakan istilah atau penamaan yang berbeda-beda meskipun mengacu pada hal yang sama, untuk itu guna menghindari kekaburan dalam memahami kedua pendekatan ini, berikut akan dikemukakan penamaan yang dipakai para ahli dalam penyebutan kedua istilah tersebut diantaranya rasionalistik, inquiry from the outside, functionalist, positivist untuk penelitian kuantitatif. Menurut penelitian kualitatif istilah yang sering digunakan adalah naturalistic, inquiry from the inside, interpretative, constructivist, naturalistic ethnographic.

Ini adalah sebagian dari gambaran dari desain penelitian yang diterapkan oleh para ahli, semua hal tersebut dikupas tuntas di seminar ini untuk membekali para dosen sebelum melakukan penelitian.

Seminar ini dilaksanakan pada : 

Tanggal : 18 - 20 November 2015

Tempat : Ruang D.IV Poltekkes Makassar

Narasumber : 

  1. Prof. Bambang Wirjatmadi, dr., MS MPH, PhD (FKM UNAIR)
  2. Prof. H. Kuntoro, dr., MPH., DrPH. (FKM UNAIR)
  3. Oedojo Soedirham, MS, MPH, PhD (FKM UNAIR)
  4. Prof. L. Dyson, Drs., MS., Dr (F. Sospol UNAIR)